Manfaat Mempelajari Hukum Adat

April 24, 2011 § Leave a comment

Apabila kita mempelajari hukum adat maka kita akan mudah memahami hukum Indonesia (positif), karena hukum adat dibentuk menurut kebiasaan masyarakat Indonesia yang memiliki sanksi dan diselaraskan dengan hukum nasional. Hukum di Indonesia salah satunya bersumber dari costum, di mana sumber tersebut mengikuti perkembangan zaman dan harus disesuaikan dengan azas–azas hukum yang berlaku dan tidak boleh bertentangan dengan ideologi bangsa. Suatu peraturan yang telah diundangkan harus disepakati dan dipatuhi bersama tanpa pengecualian. Keragaman budaya harus menyadarkan kita bahwa sangat penting memahami latar belakang sosial budaya yang berasal dari masyarakat lain.

Jika dilihat dari perwujudan kebudayaan, unsur budaya merupakan fenomena budaya di masyarakat dibedakan menjadi tiga, yaitu:

1.      Kebudayaan fisik (kebendaan), berupa benda-benda hasil karya manusia, misalnya perlengkapan dan alat-alat kerja.

2.      Sistem ilmu pengetahuan dan kesenian.

3.      Sistem nilai budaya atau adat istiadat sebagai kebudayaan abstrak.

Beberapa masalah sosial yang penting, yaitu:

1.      Kemiskinan adalah suatu keadaan seseorang tidak sanggup memelihara dirinya sendiri sesuai dengan taraf kehidupan kelompok dan juga tidak mampu memanfaatkan tenaga mental maupun fisiknya dalam kelompok tersebut.

2.      Kejahatan terbentuk melalui proses imitasi, pelaksanaan peran sosial, diferensiasi, kompensasi, identifikasi, dan kekecewaan yang agresif.

3.      Disorganisasi (keretakan) keluarga sulit dihindari karena keluarga sebagai unit-unit terkecil di tengah masyarakat yang anggota-anggotanya gagal memenuhi kewajiban-kewajiban yang sesuai dengan peranan sosialnya.

Tugas Hukum Adat. Tertanggal 14 Desember 2009

dari berbagai sumber

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Manfaat Mempelajari Hukum Adat at elvira purba.

meta

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: