21 Mei 2011 (Saat Ini)

April 20, 2011 § Leave a comment

Kartini adalah suatu sosok, bukanlah nama. Dan menjadi simbol dewasa ini, seperti dibilang Goenawan Mohammad, “’Kata Kartini’ sendiri dlm “Hari Kartini” hanya simbol. Hidup tokoh ini jauh lebih kompleks ketimbang hanya soal emansipasi perempuan..” Lanjutnya, “Bagi saya, Kartini itu korban kondisi sosial zamannya. Justru sebab itu hrs diingat.”

Aku pun boleh menempatkan perempuan-perempuan hebat di hati dan hidupku untuk kujadikan Kartini-ku.

 Sumar Hanggari (Ibu Yi)

ibu

ibu dan bapak. bersama si pasha jagoan keluarga


Perempuan hebat dari manakah ini? Pastinya bukan dari Jepara. Dia terlahir untuk menjadi perempuan kuat dalam keluarganya. Wanita karir dengan bersuamikan Sukiyo seorang Pelaksana di bidang Bangunan ini mempunyai empat orang putri. Dua putrinya telah melahirkan seorang cucu perempuan dan cucu laki-laki. Dua putri lainnya masih mengandalkan penghasilannya dari kantor DPKAD PEMDA BANTUL untuk biaya kuliah dan sekolah.

Didikan keras dari Bapaknya R. Niti Premudjo membuatnya tegas dalam menjalani hidup. Beliau berani menentang keenam mas-masnya untuk mendapatkan hak yang dianggap memang benar untuknya.  “Jangan pernah menjawab satu kata Ibu dengan satu kalimat,” selalu beliau pesan kepada kami, putrinya. Maksud dari petuah tersebut adalah, bila kamu anggap benar nasehat Ibu, jangan pernah kamu bantah dan segera kamu laksanakan.

Entah, sudah lelah aku menulis, teriak, ataupun membatin untuk mengungkapkan rasa hormat dan cintaku kepada beliau. Pun beribu terimakasih.

“Bu, engkaulah Kartini terhebat yang pernah ada,” Bukan dia sekalipun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading 21 Mei 2011 (Saat Ini) at elvira purba.

meta

%d bloggers like this: