Faktor Intern Pengganggu Kedaulatan Negara Indonesia

December 10, 2011 § Leave a comment

Penyerangan kedaulatan Negara Republik Indonesia tidak hanya dilakukan negara-negara lain saja. Dan mungkin perusakan yang dilakukan bangsanya sendiri dapat dikatakan lebih membahayakan. Belakangan ini gerakan separatis untuk membebaskan daerahnya dari kekuasaan Negara Indonesia marak dilakukan. Aceh, Poso (Sulawesi Tengah), Maluku, dan Papua adalah wilayah konflik yang terus mengganggu kedaulatan negara kita. Apabila melihat tayangan-tayangan berita di televisi dan membaca di surat kabar, akan terpampang jelas bahwa senjata yang mereka tenteng layaknya persenjataan angkatan perang. Sebut saja senjata laras panjang jenis AK-47, M-16 dan Uzzi, juga pistol.
Bagaimana bisa mereka memperoleh senjata-senjata tersebut? Bukan sebuah rahasia lagi kalau Thailand selama ini memasok senjata-senjata ilegal kepada pemimpin gerakan separatis di Indonesia. Hal ini telah dilakukan sejak tahun 1976 yang memuncak dengan lengsernya Soeharto. Dan penyelundupan senjata ilegal tersebut lewat jalur laut. Transaksi jual belinya sendiri dilakukan di Pulau Adang (Thailand) untuk kemudian pesanan tersebut dikirimkan. Mengapa bisa lolos dari petugas bea cukai? Diduga bahwa saat transit di pelabuhan di Singapura, senjata-senjata ilegal tersebut “ditutupi” dengan barang-barang impor semisal, elektronik. Kemudian, karena lolos dari perhatian petugas bea cukai yang tidak teliti, kapal pengangkut barang impor tersebut bisa meneruskan perjalanannya sampai Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Dalam dua paragraf di atas dapat kita lihat jelas bahwa penjagaan perbatasan laut Indonesia masih sangat lemah. Kemudian berkembang menjadi lemahnya pertahanan terhadap kedaulatan negara dari sektor laut. Terbukti dengan banyaknya kapal-kapal pengangkut barang impor yang berhasil lolos dari pemeriksaan di “gerbang” wilayah laut Indonesia. Dari gangguan kedaulatan negara lewat faktor eksteren berupa penyelundupan senjata ilegal, lalu masuk ke wilayah Indonesia menjadi faktor interen karena berkaitan dengan gerakan separatis. Ada sebab ada akibat. Semuanya saling berhubungan yang menimbulkan satu ancaman, kedaulatan Negara Republik Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Faktor Intern Pengganggu Kedaulatan Negara Indonesia at elvira purba.

meta

%d bloggers like this: