Globalisasi Merek

December 13, 2011 § Leave a comment

Di kehidupan sehari-hari kita tidak akan pernah lepas dari pemakaian suatu barang, baik itu merek dalam negeri maupun luar negeri. Tanpa kita sadari hal-hal sepele tersebut ternyata mempengaruhi kehidupan negara Indonesia. Perekonomian bangsa bergantung kepada pola hidup kita saat mengkonsumsi barang-barang bermerek dalam negeri. Akan tetapi, seringnya menggunakan merek luar negeri ternyata kita sendiri yang mematikan geliat usaha produsen dalam negeri khususnya pengusaha mikro. Konsumen Indonesia telah terpengaruh oleh pandangan merek luar negeri yang mempunyai mutu dan kualitas lebih bagus, harga lebih murah, dan mempunyai kebanggaan memakai merek luar negeri. Namun, kurang adil rasanya bila pemerintah selalu menghimbau bahkan memaksa masyarakat memakai produk bermerek dalam negeri tapi produsen dalam negeri tidak dipaksa untuk meningkatkan kualitas produksinya. Seringkali pemakaian suatu barang bukan semata karena kebanggaan memakai merek tersebut, namun karena memang kita menginginkannya. Alangkah baiknya bila kita sebagai bangsa Indonesia memang mempunyai semangat untuk mencintai merek dalam negeri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Globalisasi Merek at elvira purba.

meta

%d bloggers like this: