Percakapan dengan Ibu

December 27, 2011 § 2 Comments

Kembali dan kembali Ibu bertanya kepada saya, pertanyaan paling sakral dan menggelisahkan saat ini, Skripsi.

Ibu: Kapan kamu mulai nulis, Nduk?

Saya: Semester depan, Bu.

Ibu: Udah tau mau ngangkat apa?

Saya: Belum. Aku masih bingung.

Ibu: Kenapa?

Saya: Banyak judul yang mau aku bahas, tapi nggak terkonsep.

Ibu: Lha, kamu sebenernya pengen nulis apa, to? Yang gampang aja penelitiannya, dinas mana nanti Ibu bantuin.

Saya: Nggak taulah, Bu. Aku masih bingung. Pokoknya pengen ngebahas pegawai negeri aja.

Ibu: Mbok jangan susah-susah, dan jangan nggampangke gitu, toh. Jatahmu di UGM bentar lagi abis loh. Ibu udah nggak punya uang lagi kalo pengen kamu perpanjang.

Saya: Iya, Bu.

Ibu: Ah, udalah Ibu nyerah. Kamu tanya Bude Titin aja. Dia kan dulu kuliah di Hukum. Ibu nggak bisa bantu banyak kalo kamu kayak gitu terus.

Saya: *diem ngampet nangis.

Enam bulan lewat sudah sejak saya dengan berapi-api mengatakan, “Teman-teman boleh skripsi semester ini, tapi tunggu aja, pas saya besok entry KRS Penulisan Hukum, saya tinggal nulis.” Dan ternyata sampai sekarang, jangankan judul, mau ngebahas apa aja saya masih bingung. Saya mentok di ide-ide hebat saya, tapi kata orang-orang yang lebih mengerti jatuhnya susah di penelitian. Tema Kepegawaian, Kasus Perceraian PNS di Bantul (siapa yang mau jadi responden?), Fenomena Perselingkungan PNS di Bantul (Ya Allah, ini mah aib orang!); Kesehatan, Jaminan Askes bagi PNS korban merapi (it’s so yesterday, eeeel); Pariwisata, pengembangan pariwisata pantai parangtritis (nggak cuma satu, tapi udah banyak judul yang terbahas).

Perpustakaan FH UGM udah berdiri “sempurna”, tapi langkah paling berarti cuma pinjem buku untuk tugas konsen saja. Saya belum berani menginjak ke lantai tiga, dan menyibak kumpulan buku bercover merah itu, saya takut. Maaf, tapi untuk memikirkan skripsi, saya masih bingung.

 

§ 2 Responses to Percakapan dengan Ibu

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Percakapan dengan Ibu at elvira purba.

meta

